Sunday, October 11, 2015

What is leadership?

Ada banyak definisi mengenai leader dan saya pun belum bisa merumuskan sendiri pengertian dari leader. Secara umum leader bisa diartikan orang yang memimpin orang lain, namun saya tertarik pada pernyataan salah seorang motivator yang tidak sengaja saya dengar di radio dalam perjalanan saya menuju kantor.

Dia mengatakan bahwa kita baru bisa disebut leader/pemimpin jika kita bisa memimpin diri kita sendiri terlebih dahulu. Setelah saya renungkan, saya pikir ada benarnya, bagaimana kita bisa memimpin orang lain jika kita tidak bisa memimpin diri kita sendiri. Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu dengan berkata “nanti aja deh” atau “besok aja lah baru saya lakukan” namun tanpa sadar “nanti” atau “besok” itu bisa berarti 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun, 2 tahun, hingga bertahun-tahun lewat begitu saja.

Kebanyakan dari kita punya mimpi besar namun berapa banyak orang yang mampu mewujudkan mimpi besar mereka? Apakah kita termasuk disitu? Well, that’s a good question!
Baik, kita skip dulu pertanyaan tersebut namun beralih ke definisi lainnya. Ada yang mengatakan leader itu adalah orang yang bisa mempengaruhi orang lain. Ada benarnya juga karena kalau seorang pemimpin tidak bisa mempengaruhi orang lain artinya dia tidak memimpin.

Lalu ada pertanyaan menggelitik di hati dan benak saya, apakah seorang leader atau pemimpin itu harus punya gelar/title akademik? Atau apakah seorang leader atau pemimpin itu harus dari background keluarga berada? Adakah seorang leader benar-benar pemimpin karena dari pribadinya, bukan karena gelar akademik yang selalu dipersyaratkan oleh HRD untuk memangku jabatan tertentu maupun bukan karena dia anak pemegang saham dan sebagainya.

Seorang peneliti bernama Keith Grint mengatakan ada 4 perseptif soal kepemimpian. Yang pertama adalah dilihat dari Person, siapa orangnya dan bagaimana personality dan skillnya yang menjadikan dia seorang pemimpin. Yang kedua adalah dilihat dari Result, hasil prestasi yang dia capai sehingga menjadikan dia seorang pemimpin. Yang ketiga adalah dilihat dari Posisi, jabatan yang dia emban yang menjadikan dia seorang pemimpin. Lalu yang terakhir atau yang keempat adalah dilihat dari Proses, bagaimana seorang pemimpin mencapai hasil kinerja dan prestasinya.




Lalu kita termasuk yang mana? Hmm....

0 comments:

Post a Comment