Tuesday, October 27, 2015

Being different

Menjadi orang yang berbeda, untuk beberapa alasan kita tentu inginkan. Bagaimana tidak, jika ada yang salah mengucapkan ataupun menuliskan nama kita saja, sadar atau tidak kita langsung protes bukan?  

Namun jika dalam kaitannya dengan karir atau pekerjaan, menjadi orang yang berbeda, itu harus dipandang dari berbagai sudut pandang karena ada kaitannya dengan disukai atau tidak disukai oleh rekan kerja.

Saya teringat akan 2 tokoh karakter yang punya pengalaman yang sama. Yang pertama adalah karakter Maya Kitajima yang merupakan tokoh utama dalam komik "Topeng Kaca". Lalu yang kedua adalah karakter Kim Tak Gu yang merupakan tokoh utama dalam TV Drama Korea "King of Baking".



Kedua karakter itu punya kelebihan yang tidak disukai oleh teman/lingkungan sekitarnya, bahkan mengalami beberapa kali disingkirkan. Mengapa? karena mereka berbeda. Maya Kitajima punya talenta luar biasa dalam hal akting. Dia bahkan bisa mengingat setiap detil dialog dari drama/film yang dia tonton sekali. Kim Tak Gu punya talenta luar biasa dalam indra penciuman. Dia bahkan bisa tahu hari ini bakal hujan hanya dari bau udara yang dia cium.

Keduanya sama-sama tidak disukai karena dianggap sebagai batu sandungan bagi orang-orang yang iri atas talenta luar biasa yang mereka miliki. Namun yang bisa saya ambil dari kedua karakter tersebut adalah mereka tetap fokus pada talenta yang diberikan Tuhan kepada mereka, senantiasa bekerja keras dalam situasi apa pun, tidak peduli ada yang melihat atau tidak, hingga pada akhirnya bakat mereka ditemukan dan kesuksesan pun menghampiri

Saya pun lalu teringat pada pernyataan dari salah satu motivator Indonesia dalam salah satu sesi acaranya. Dia mengatakan bahwa bekerja-lah sebaik mungkin meskipun kelihatannya tidak ada hasil hingga suatu saat nanti anda ditemukan.

Jadi, maukah anda "being different" dan bersikap "legowo" jika menerima situasi terburuk dalam pekerjaan anda?




0 comments:

Post a Comment